Selasa, 13 April 2010





"Saya tidak dapat melupakan masa lalu.."

Setelah sekian lama "menghilang" karena kesibukan kantor yang cukup menyita perhatian, saya saat ini mencoba untuk menulis lagi. Memang tidak mudah memulai sesuatu lagi saat kita sudah terlalu lama meninggalkannya.

Sudah sekian hari juga ada hal-hal yang menarik perhatian saya dari dunia pemerintahan negara kita. Terutama mengenai kisah saudara kita Pak Gayus Tambunan yang tadinya bukan siapa-siapa, sekarang menjadi sangat-sangat terkenal. Sayangnya, bukanlah melalui cara-cara yang mulia. Mengingat jauh di masa lalu kita semua, pasti ada hal-hal yang kurang mengenakkan yang mungkin tidak ingin Anda semua ingat-ingat lagi.

Terlalu menyakitkan. Terlalu menyebalkan. Terlalu menyedihkan. Terlalu suram. Ter..la..lu.. (dengan logat bicara bang Rhoma Irama).

Hal-hal yang saat Anda pejamkan mata Anda di malam hari, membuat tidur Anda tidak nyenyak, membuat gelisah pikiran Anda, bahkan mungkin membuat konflik dan pertengkaran di dalam keluarga.

Hal ini adalah sangat manusiawi. Karena manusia dilahirkan dengan membawa syaraf-syaraf yang membuat kita melakukan respons terhadap suatu pemikiran yang sudah lewat. Dalam level yang lebih mengkhawatirkan, kita sebut sebagai phobia. Akhirnya rasa takut ini melahirkan kecenderungan bertindak ke arah yang tidak tepat.

Hasil akhirnya adalah, Anda tidak mendapatkan apa yang sudah Anda mau/rencanakan.

Anda bisa periksa dan tanya kepada teman, keluarga dan lainnya, berapa banyak yang pernah mengalami hal ini. Saya berani jamin, pasti tidak sedikit..! :)


Tetapi setelah nya Anda bertanya, setelahnya Anda mengetahui bahwa Anda tidak sendirian dalam hal ini, alangkah sangat tidak bijak apabila Anda meneruskan bersikap demikian.

Rekan surfers, browsers, chatter, googlers yang saya hormati. Ijinkan saya berbagi satu buah pola pikir. Ijinkan saya meminta Anda untuk memposisikan diri Anda sebagai Pak Gayus Tambunan saat ini. Bagaimana kira-kira Anda akan menatap 10 tahun kedepan nantinya?

Bagaimana kira-kira gambaran keluarga Anda 10 tahun ke depan?

Bagaimana kira-kira perilaku lingkungan dan keluarga Anda 10 tahun kedepan?

Sekali lagi saya jamin, bahwa tidak akan ada orang yang berani memikirkan yang baik.

Saat ini, apakah Anda memiliki masa lalu seperti yang Pak Gayus alami..?
Saat ini, apakah Anda memiliki kehidupan masa lalu yang buruk yang sulit Anda lupakan..?
Saat ini, tidakkah Anda ingin meninggalkan beban itu dimasa lalu, agar bisa melangkah dengan lebih baik ke depan..?

Jika iya, ada satu hal yang harus kita lakukan,

Ikhlaskanlah yang lalu..
Ikhlaskanlah yang suram...
Ikhlaskanlah hal-hal tidak enak yang mengikat pikiran Anda sampai hari ini..

Jangan pernah lupa bahwa pribadi-pribadi yang baik, adalah pribadi-pribadi yang mampu membesarkan diri dan lingkungannya dengan membuang dan mengikhlaskan hal-hal yang tidak perlu.

Ingat bahwa peran diri Anda dibutuhkan oleh orang banyak. Jangan siakan kepercayaan mereka karena Anda sulit mengikhlaskan masa lalu Anda.

Ingat bahwa saat Anda mengikhlaskan sesuatu yang sudah terjadi, hal-hal baik akan menghampiri Anda.


Salam selalu,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar