Senin, 28 November 2011

Kicau Larry Bird, si Burung Biru





Twitter hari ini menjadi satu buah media paling efektif untuk berkomunikatif, dalam konteksnya sebagai blog, bukan sebagai device/ handset.

Menarik melihat fakta-fakta bahwa Indonesia merupakan pengguna Twitter No. 3 terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Brazil, dengan prosentase penggunanya sebanyak 12,13%. Sejauh ini, sebanyak 229 negara sudah menggunakan twitter. Media penyampaian yang paling efektif terutama untuk membentuk brand personal dan memasarkan bisnis.

Perhari, jumlah twit pengguna akun twitter di Indonesia mencapai 1,29 juta twitt dari penggunanya sebanyak 47 juta pengguna twitter di Indonesia. Uniknya, Indonesia seringkali mendominasi penggunaan twitt dengan seringnya Indonesia masuk dalam Trending topics.

Kekuatan sebuah social-media ini mampu meluluh lantakkan bahkan satu buah rezim penguasa, disaat penggunaan alat komunikasi tidak dapat digunakan. Contohnya seperti yang tahun lalu terjadi di Mesir. Dengan daya terobos dan cuma-cuma serta tepat sasaran ini, eksistensi microblogging akan semakin kuat.

Rasa-rasanya dunia pendidikan perlu untuk memberikan kurikulum mengenai microblogging yang mungkin dapat diberikan sebagai mata pelajaran tidak wajib akan tetapi diberikan sebagai upaya untuk menggalang solidaritas komunitas. Hal ini dimungkinkan, karena hal apapun sangat mungkin dibahas, didiskusikan dalam twitter. Tidak jarang dalam bentuk "kuliah" atau lazim disebut kultwit. Jumlah ruang fisik spasial kota yang semakin sedikit dan terbatas hanya pada mall dan sarana olahraga, memungkinkan interaksi sosial terjadi tanpa harus selalu terjadi interaksi secara fisik.

Pada tahapan pemberdayaan masyarakat terutama dalam konteks pemberdayaan UKM, media twitter layak dan patut digunakan karena dapat menekan modal, tetapi menghantarkan informasi secara efektif. Pembina/ stakeholders hanya perlu memberi pelatihan kepada khalayak cara memasarkan dan membangun brand pribadi/ usaha melalui twitter. Kedepan, media twitter dapat digunakan sebagai sebuah identitas pelengkap CV, lebih tinggi lagi, company profile.

1 komentar:

  1. hemos adjuntado un tracback dinero en este link hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback loscuentoscortos.net hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback juegosde-moda.org hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback extractos de libros en chile hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback peliculashindu.com hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback descarga de series en HD hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback www.pelicula20.com hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback www.recetasfacil.com hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback videntesfamosos.org hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback sitioco.com/ hacia estos articulos
    hemos adjuntado un tracback lodijo.com hacia estos articulos

    BalasHapus