Minggu, 10 Januari 2010

Mengusir Kejenuhan Menghadapi Senin Pagi

Ketegangan biasanya melanda kita semua di hari minggu malam. Ya, satu hal yang kita tidak dapat sangkal. Terutama untuk para pekerja. Akhir pekan selalu menjadi saat-saat yang dinanti. Terutama jika ada liburan hari libur tambahan seperti yang kami alami selama bulan Desember 2009 kemarin. Beberapa orang, melalui status facebooknya, setiap hari Senin berusaha untuk membangkitkan semangat mereka lagi. "I luv Monday!" "Senin pagi, kembali bersemangat!" adalah tagline yang saya yakin seringkali Anda jumpai dalam status facebook teman-teman Anda.

Luar biasa orang-orang yang memiliki self-engine seperti ini.

Beberapa rekan saya mengeluh setengah bercanda. "Yah, bulan Januari ga ada liburnya!" Hehehehe .. Satu hal yang saya pikir sangat wajar dan manusiawi. Khususnya bagi mereka yang telah bekerja lebih dari 10 bahkan 5 tahun. Jenuh dan penat siap untuk kembali mencengkeram, sampai Jumat berikutnya tiba. Barulah kita dapat bernapas sedikit lega. Ketegangan karena akan menghadapi jadwal yang sibuk di hari Senin, atau harus bertemu klien yang rewel dan cerewet, atau bertemu atasan yang menjengkelkan, atau kemacetan lalu lintas yang selalu kita temui pada Senin pagi. Hal-hal ini, secara akumulatif akan merangsang alam bawah sadar kita untuk menjadi antipati pada hari Senin.

Akan sangat baik jika Anda bisa mensiasati akhir pekan Anda, sehingga Anda bisa kembali bersemangat pada hari Senin. Yang saya maksud adalah semangat yang benar-benar semangat. Karena semangat menyerupai ban bocor, suatu saat akan berkurang dan kempes. Pertanyaannya adalah, berapa lama kita bisa menghadapinya.

Saya ingin berbagi beberapa tips untuk Anda supaya setiap Senin Anda bisa kembali dengan semangat baru.

1. Rencanakan akhir pekan Anda dengan baik. Perencanaan wajib ketimbang Anda membuat acara yang bersifat dadakan dan pada akhirnya malah membuat teman-teman, keluarga, bahkan Anda sendiri menghabiskan akhir pekan dengan cara yang salah.

2. Jika pada akhir pekan terakhir Anda selalu menghabiskan waktu dengan Malling, cobalah lakukan aktivitas yang baru. Penelitian menunjukkan, banyak pekerja stres, karena akhir pekan mereka selalu menghabiskan waktu dengan kegiatan yang sama. Setelah sekian lama ini akan menjadi rutin dan membosankan dan tidak akan membuat Anda segar. Jika Anda biasanya menghabiskan waktu di kota, di atas kendaraan, cobalah untuk pergi ke tempat-tempat wisata alam. Berkemah dengan keluarga Anda akan sangat, sangat menarik.

3. Bagi Anda yang memiliki pasangan dan belum menikah, Anda dapat menghabiskan akhir pekan Anda dengan mengundang lebih banyak teman untuk bergabung melakukan aktivitas bersama. Mungkin bisa Anda mulai dengan olahraga bersama-sama. Sepeda atau joging adalah olahraga ringan yang dapat dijadikan pilihan.

4. Membuat hobi baru. Kegiatan di alam fotografi juga dapat menjadi pilihan jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru. Atau mungkin Anda dan keluarga atau rekan Anda dapat mencoba melakukan outbound atau rafting. Kegiatan yang mengasyikkan dan dapat menghilangkan penat.


5. Bagi Anda yang enggan melakukan perjalanan karena mereka tidak ingin terjebak kemacetan, Anda dapat menghabiskan akhir pekan di rumah Anda dengan cara menata ulang perabotan. Mengapa tidak? Salah satu faktor kunci adalah kebosanan melihat hal yang sama dan melakukan hal yang sama berulang-ulang. Cobalah untuk mengatur ulang kursi, meja dan tempat tidur Anda. Anda bahkan dapat mengubah warna cat rumah Anda dengan yang baru.

6. Ikuti kegiatan-kegiatan baru untuk mengisi akhir pekan Anda. Cobalah untuk mengikuti seminar. Seminar? Ya. Seminar biasanya memberikan masukan positif dan baru. Pilih acara seminar yang dapat memberikan manfaat yang lebih besar, terutama untuk pengembangan diri dan pengetahuan Anda.

7. Bagi Anda yang sudah menikah dan berkecukupan secara finansial, Anda dapat menghabiskan akhir pekan Anda dengan berjalan-jalan ke daerah pinggiran Jakarta. Cobalah untuk mengamati sifat-sifat seperti tanah. Tidak ada yang salah dengan Anda menyisihkan waktu untuk mengamati perkembangan di luar wilayah di mana Anda tinggal. Siapa tahu Anda menemukan tanah yang baik untuk investasi. Semua jalan. Lebih baik lagi, jika digabungkan dengan kegiatan wisata kuliner.

Demikian beberapa tips yang saya dapat saya share untuk kita semua. Yang paling penting adalah, cobalah untuk terus melakukan aktivitas yang berbeda setiap minggunya. Besok hari Senin. Tetap semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar