Minggu, 31 Januari 2010

Waktu yang Tepat Untuk Memulai Usaha




Setelah di tulisan yang lalu saya sedikit menyinggung tentang merencakan keuangan Anda, pada tulisan kali ini saya akan sedikit berbagi pada Anda tentang bisnis.

Pertumbuhan bisnis mulai marak semenjak awal tahun millenium 2000. Bidangnya ada bermacam-macam. Mulai dari pendidikan, kuliner, salon kecantikan, otomotif, hingga yang ilegal sekalipun. Kondisi ini bukanlah hal yang aneh mengingat tingkat kemiskinan yang cukup tinggi di negara ini juga ditambah dengan sulitnya untuk mendapatkan lahan pekerjaan baru, memaksa siapapun yang tidak memiliki pekerjaan tetap untuk memutar otak dan keluar dengan satu solusi : Bisnis!

Saya yakin ada diantara Anda pun yang saat ini sudah berbisnis, atau sedang merencanakan untuk memiliki usaha sendiri, apapun alasan yang Anda miliki. Dan saya berharap semoga alasan Anda bukanlah karena latah mengikuti trend saat ini tentang passive income.

Memulai sebuah bisnis tidak sulit. Tetapi juga tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai langkah Anda di dunia bisnis. Hal ini perlu Anda tanamkan di pikiran Anda, agar senantiasa Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam dunia bisnis. So, let's share..!

1. Pilih jenis usaha yang cocok dengan Anda. Pada hakikatnya, Anda harus menyukai bisnis yang Anda lakukan, tetapi Anda memiliki satu pandangan tentang prospek bisnis yang akan Anda jalani akan memberikan benefit yang sangat baik untuk Anda suatu hari nanti. Lakukan survey terlebih dahulu untuk menyeleksi tipe usaha yang sekiranya cocok dengan Anda.

2. Lakukan perencanaan bisnis Anda. Rencanakan dengan baik business plan dan action plannya. Terutama dari segi pengeluaran. Anda-anda yang tidak terbiasa berbisnis, pada awalnya akan merasa tidak nyaman. Sekali lagi, hal ini wajib untuk Anda lakukan demi meminimalisir terjadinya resiko di kemudian hari. Perencanaan wajib untuk dilakukan setiap orang yang ingin berhasil dalam usaha bidang apapun.

3. Jikalau memungkinkan untuk dilakukan, temukan seorang guru atau mentor. Orang ini adalah orang yang siap untuk membimbing Anda agar Anda tidak salah langkah. Perhatikan, mentor ini akan datang pada Anda saat Anda benar-benar membutuhkannya.

4. Kalkulasikan modal Anda untuk kemungkinan terburuk. Tidak dapat disangkal, bisnis atau investasi memiliki faktor resiko. Meskipun secara resiko, bisnis lebih dapat diminimalisir karena Anda juga melakukan peranan secara aktif, tetap saja resiko akan kehilangan uang itu tetap ada. Ingat, modal (uang) bukanlah faktor utama.

5. Yang paling penting adalah: ACTION..!! Banyak orang yang ketika akan memulai berbisnis, menunda-nunda untuk melakukannya. Rasa takut akan kehilangan uang akan membuat ini terjadi. Yang perlu Anda lakukan adalah melangkahlah sekarang juga. Keberhasilan Anda di dalam bisnis dimulai dari satu langkah awal yang Anda lakukan saat ini.

Ingatlah, bahwa Anda yang mengerjakan suatu bidang usaha sebagai bentuk penghasilan tambahan, biasanya melakukannya dengan tidak sepenuh hati. Tidak salah dengan itu. Hanya saja, hasilnya tidak akan pernah optimal. Saat Anda memutuskan untuk berbisnis, artinya Anda memutuskan untuk berani menginvestasikan hal yang paling berharga yang Anda miliki dalam hidup, waktu.

Jangan sampai waktu yang Anda miliki terbuang secara sia-sia. Temukan satu langkah pertama Anda untuk berbisnis. Ingat, bahwa negara maju adalah negara yang penduduknya memiliki banyak jiwa-jiwa enterpreneurship. Anda tidak akan pernah menemukan waktu yang tepat untuk memulai usaha. Maka dari itu, lakukanlah sekarang.

Tetap semangat, teman..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar