Sabtu, 23 Januari 2010

Rencanakan keuangan Anda sejak dini


"Don't put your money in one basket."

Ini adalah nasihat yang sudah saya dengar sejak lama. Mengisyaratkan supaya seberapa besar atau kecil penghasilan Anda, tetaplah kelola dengan baik. Terlebih di era informatika seperti saat ini, dimana pemikiran manusia sudah sangat maju ditambah oleh kebutuhan akan hal-hal yang semakin beragam, keadaan ekonomi dunia yang baru pulih pasca krisis ekonomi, menyebabkan kewajiban kita untuk membayar jadi lebih besar.

Tanggung jawab sebagai individu, bukan hanya kepada pekerjaan, keluarga dan Tuhan. Tetapi juga pengelolaan keuangan yang baik. Saya menemukan banyak sekali orang-orang yang sudah pensiun tetapi karena pengelolaan keuangan yang kurang baik, akhirnya terkatung-katung dimasa tuanya. Ini adalah mimpi buruk yang ingin dihindari oleh semua orang. Menata keuangan, sama halnya seperti menata interior ruangan Anda. Ada hal-hal yang harus dilakukan, dan ada hal-hal yang harus dibuang. Yuk kita coba lihat apa saja yang sebaiknya kita lakukan untuk mendukung pengelolaan keuangan kita.

1. Lakukan perencanaan pembelian Anda tiap bulannya. Paling tidak seminggu sebelum gajian, coba lakukan perhitungan dan pengeluaran. Hal ini penting, mengingat kemungkinan pengeluaran tiap bulan berbeda. Ada biaya rutin bulanan. Ada juga yang lainnya.

2. Sisihkan 20% dari penghasilan untuk Anda tabung. Menabung itu perlu dan wajib. Ini adalah hal yang tidak perlu dijelaskan lagi.

3. Minimalisir pengeluaran non-produktif Anda. Anda yang masih gemar hangout atau aktivitas lainnya yang tidak produktif, bisa diminimalisir. Meskipun besarannya kecil, tetapi tetap dapat dilakukan penghematan toh? Akan lebih baik jika pengeluaran ini Anda alihkan ke pengeluaran lain yang bermanfaat tapi bagi Anda tetap dapat melakukan sosialiasi, misalnya menghadiri seminar.

4. Lunasi hutang-hutang Anda secepatnya dan tepat waktu. Tidak dapat dipungkiri, credit card disatu sisi adalah salah satu solusi sistem pembayaran. Di sisi lain, kartu penghutang ini justru malah menimbulkan banyak masalah, hingga membuat penggunanya kecanduan belanja. Ini adalah hal yang tidak baik. Gunakan kartu kredit Anda dengan bijak dan bayar hutangnya secepatnya di bulan berikutnya.

5. Cobalah untuk berinvestasi meskipun secara pasif. Instrumen untuk investasi sekarang ini sudah sangat banyak. Saham, deposito, reksadana, property, valas dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya Anda untuk berinvestasi semenjak dini, karena sangat memungkinkan sektor ini akan menjadi salah satu alternatif pendapatan Anda. Sebelum mulai berinvestasi, kenali dulu instrumen-instrumennya. Kenali resiko dan keuntungannya. Jangan sampai Anda terjebak dalam pasar investasti yang justru malah menghabiskan uang Anda. Percayalah, investasikan uang Anda saat ini.

Demikian beberapa tips yang dapat saya share. Semoga bermanfaat. Tetap semangat teman! Happy weekend.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar